LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menggunakan Metode Star (Situasi,
Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Aksi 4 Model Pembelajaran PBL Terkait Pengalaman
Mengatasi Permasalahan Siswa Kelas 5
Dalam Pembelajaran Matematika : Debit, Volume dan
Waktu
Lokasi |
SDIT Imam Syafi’I Petanahan |
Lingkup Pendidikan |
Sekolah Dasar |
Tujuan yang ingin dicapai |
Meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik |
Penulis |
Umi Sangadah |
Tanggal |
26 November 2022 |
|
|
Situasi: |
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah : 1.
Peserta didik yang beranggapan bahwa
IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit untuk dipelajari dan dipahami karena banyaknya materi yang
harus dihafalkan. 2.
Kurangnya motivasi belajar
peserta didik dalam pembelajaran IPA. 3. Guru hanya menggunakan
model-model pembelajaran konvensional saja. 4. Guru kurang berinovasi dalam
mengembangkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan
ketertarikan siswa. 5. Motivasi dan perhatian dari
orang tua peserta didik kurang optimal. Praktik ini penting untuk dibagikan adalah untuk Peran dan tanggung jawab : 1. Mempersiapkan
perangkat pembelajaran · RPP · Bahan Ajar · Media Pembelajaran · LKPD ·
Instrumen
Penilaian 2. Mempersiapkan
sarana dan prasarana seperti: 3. Menerapkan model-model
pembelajaran yang 4. Bertanggung jawab
terhadap kegiatan dikelas. |
Tantangan
: Apa saja yang menjadi |
Tantangan yang saya hadapi saat pelaksanaan 1.
Guru sebagai pendidik menumbuhkan motivasi 2.
Kepala sekolah memberi motivasi kepada guru 3.
Teman sejawat memberi masukan cara memotivasi 4.
Peserta didik yang ikut serta menjalani tahapan - |
Aksi : Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang |
Langkah-langkah yang dilakukan untuk 1.
Metode dan media pembelajaran yang kurang 2.
Siswa selalu berfikiran bahwa IPA adalah Strategi
yang digunakan untuk menyelesaikan tantangan
tersebut adalah menggunakan model pembelajaran
PBL dengan pendekatan saintifik bermedia powerpoint. Dengan menggunakan PBL |
Refleksi
Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi |
Dampak dari aksi dari langkah-langkah yang 1.
Perhatian peserta didik terhadap guru saat pemberian
instruksi sangat baik. 2.
Keaktifan peserta didik dalam bertanya sangat 3.
Keaktifan peserta didik dalam mengikuti proses Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan Respon dari Kepala Sekolah terkait strategi yang ·
Guru sudah mampu meningkatkan ·
Terkait respon teman sejawat yaitu menyatakan Yang menjadi faktor keberhasilanya yaitu: ·
Model pembelajaran sesuai dengan materi. ·
Pengembangan media pembelajaran sesuai dengan ·
Pendukung adanya sarana dan prasarana serta Pembelajaran dari kesuluruhan proses adalah setelah guru menganalisis penyebab masalah didalam proses pembelajaran di kelas guru menjadi fokus pada kekurangan atau kelemahan yang ada dalam pembelajaran. Dengan melakukan Praktik Pembelajaran Inovatif guru dapat menemukan solusi dengan menggunakan model dan strategi pembelajaran yang lebih baik dari yang pernah |
No comments:
Post a Comment