Target Capaian Setiap Tahun Mata Pelajaran Seni rupa Kelas 7, 8, 9

Assalamu'alaikum ,... salam budaya 

bapak ibu guru Seni Rupa setelah kita membaca Capain Pembelajaran untuk mata pelajaran Seni Rupa fase D dalam kurikulum merdeka tentu kita masih bingung ketika membagi target capaian setiap tingkatnya pada kelas 7 , 8, dan 9. Berikut kami sajikan Target Capaian Setiap Tahun Mata Pelajaran Seni rupa fase D dari kelas 7 sampai kelas 9 semoga bisa membantu rekan - rekan semua dalam menentukan bahan ajar yang akan di sampaikan di setiap tingkat kelasnya. 

 Di akhir kelas 7, siswa mampu : 

  1. Berpikir secara abstrak dengan kesadaran sosial yang meningkat, ditandai dengan karya yang menunjukkan meningkatnya penguasaan terhadap rasa perbandingan (proporsi), rasa gerak tubuh (gesture), rasa ruang, rasa jarak, dan lingkungan dengan fokus pada hal-hal yang menarik perhatiannya. 
  2. Menerapkan nilai warna, keseimbangan, tekstur, pola, ruang, dan irama/ritme dalam karyanya. 
  3. Mengevaluasi, menganalisa dan menyampaikan respon lisan atau tulisan terhadap efektivitas pesan dan penggunaan medium sebuah karya pribadi maupun orang lain. 
  4. Menggunakan kreativitasnya, mengajukan pertanyaan yang bermakna dan mengembangkan gagasan untuk memecahkan masalah, menjawab tantangan dan peluang yang ada pada dirinya
Di akhir kelas 8, siswa mampu : 
  1. Berpikir secara abstrak dengan kesadaran sosial yang meningkat, ditandai dengan karya yang menunjukkan meningkatnya penguasaan terhadap rasa perbandingan (proporsi), rasa gerak tubuh (gesture), rasa ruang, rasa jarak, dan lingkungan dengan fokus pada hal-hal yang menarik perhatiannya.
  2. Memahami dan memilih elemen seni rupa, prinsip desain dan medium yang sesuai untuk tujuan karyanya. 
  3. Mengevaluasi, menganalisa dan menyampaikan respon lisan atau tulisan terhadap efektivitas pesan dan penggunaan medium sebuah karya pribadi maupun orang lain. 
  4. Menggunakan kreativitasnya, mengajukan pertanyaan yang bermakna dan mengembangkan gagasan untuk memecahkan masalah, menjawab tantangan dan peluang yang ada pada diri dan lingkungan sekitarnya. 
  5. Melihat keterhubungan dengan bidang keilmuan lainnya.
Di akhir kelas 9, siswa mampu : 
  1. Berpikir secara abstrak dengan kesadaran sosial yang meningkat, ditandai dengan karya yang menunjukkan meningkatnya penguasaan terhadap elemen seni rupa, prinsip desain dan kesadaran lingkungan.
  2. Memahami dan memilih elemen seni rupa, prinsip desain dan medium yang sesuai untuk tujuan karyanya.
  3. Mengevaluasi, menganalisa dan menyampaikan respon lisan atau tulisan terhadap efektivitas pesan dan penggunaan medium sebuah karya pribadi maupun orang lain.
  4. Menggunakan kreativitasnya, mengajukan pertanyaan yang bermakna dan mengembangkan gagasan secara produktif, inventif dan inovatif untuk memecahkan masalah, menjawab tantangan dan peluang yang ada pada diri dan lingkungan sekitarnya.
  5. Melihat keterhubungan dengan bidang keilmuan lainnya.

No comments:

Post a Comment